Ø BIOGRAFI AL-IMAM IBNU AL-JAZARI (751H - 833H)
Nama : Muhammad ibn Muhammad Ibn al-Jazari
Julukan : Muqri al-Mamalik
Al-Imam
al-Azam
Al-Hafiz
Lahir : 1350 CE (25 Ramadhan 751 H)
Damaskus, Suriah
Meninggal : 1429 M (5 Rabiul awwal '833 AH)
Shiraz, Iran
etnis : Kurdish
Mazhab : Syafi'i
bidang : qira'at, Tajwid, Hadits, Sejarah, Fiqh
Pengaruh : Ibnu Katsir, Al-Bulqini
Ø NASABNYA
Imam Ibnu al-Jazari ialah Syamsuddin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin `Ali bin
Yusuf al-Jazari al-Dimasyqi, ash-Shaafi'i
(rahimahullaah). Beliau diberi gelar sebagai Abu al-Khair.
شمس الدين محمد بن محمد بن محمد بن علي بن يوسف الجزري الدمشق الشَّافِعِيُّ
Beliau adalah Syaikh al-Qurraa’ dan al-Muhaditsiin, dan Imam
Ahli al-Adaa' dan al-Mujawwidiin, Syaikh ad-Dunyaa biaya al-Qiraa'at wa
al-Tajweed,
Ø LAHIRNYA
Beliau dilahirkan di sebuah tempat bernama al-Khatt
Qassaa'een di Dimasyqus,
Syam yang sekarang dikenal dengan Negara Suriah , pada malam jum’at, 25 Ramadhan 751 H (30 bulan November
1350 M), setelah shalat Taraweh.
Dari kelahiran Imam
Jazary terselip kisah tenteng ayahnya, ketika itu Allah
subhaanahu wa ta'aalaa belum menganugrahi
anak pada ayah imam jazary selama
40 tahun. Maka, ayahnya memutuskan untuk pergi dan melakukan Haji, di mana
ketika haji itu ayahnya minum air Zam-Zam dan berdoa kepada Allah untuk dianugrahi
seorang anak yang kelak
menjadi seorang yang 'Aalim. Dan
Allah menerima doa ayahnya dan akhirnya dianugrahkan kepadanya seorang anak,
yang menjadi Imam besar yang Dia beri nama Ibnu al-Jazari.
Ø PERTUMBUHANNYA
Al-jazari menyelesaikan hafalan Al-Qur'an pada usia 13 tahun
dan belajar seni membaca Al-Qur'an pada
usia dini. Dan Beliau
mulai memimpin sebagai shalat
Tarawih di
usia 14 tahun. Di Damaskus, al-Jazari disekolahkan di sebuah sekolah yang bernama "Darul Qur'an", sebuah sekolah yang khusus ilmu Alquran. pada waktu beliau dewasa beliau lebih cenderung untuk mendalami ilmu
al-Qiraat dari masyayikh-masyayikh yang ada pada masa itu. Beliau juga memperoleh
pengetahuan dari berbagai tempat termasuk Syam
(Suriah), Mesir dan Hijaz (Mekkah / Madinah). Imam al-jazari adalah yang mempelajari ifraadan Qira a'aat
(yang berarti ia dibacakan satu khatmah untuk setiap Qiraa'ah misalnya satu
khatmah untuk Warsh, satu khatmah untuk Hafsh dll) dan juga jam'an (yang
berarti dia menyelesaikan sebuah khatmah, dan menggabungkan
Qiraa'aat yang lain). Ia belajar banyak buku termasuk
yang terkenal Taysiir Abu 'Amar ad-Daani dan juga abu Shaatibiyyah Imam as-Syathibi.
Beliau
membangun dua sekolah yang disebut dengan Madrasah al-Qurra’. Beliau kemudian
duduk di Masjid Bani Umayyah, al-Jami 'al-Amawii bawah al-qubbat an-Nashr
(Kubah Eagle), dan setelah gurunya Syaikh abu Sallaar meninggal, beliau
mengambil posisi mengajar gurunya di tempat itu.
Ibnu jazary termasuk sarjana paling
terkemuka dan produktif dalam bidang qira'at al-Qur'an,dan Dia tidak hanya seorang sarjana di Qiraa'aat tetapi juga sarjana 'Ulum (Ilmu Islam) seperti Hadits, Fiqih dll. as-Suyuthi yang dianggap sebagai
"otoritas tertinggi dalam segala hal" . karya-karyanya dalam ilmu tajwid dan qira'at dianggap klasik. Para nisba, Jazari,menunjukkan asal dari Jazirat bin 'Umar.
Imam jazary menjelaskan dirinya dalam nadhom terkenal (puisi) yaitu dalam 'Ilmu at-Tajwiid, dan al-Muqaddimah al-Jazariyyah (al-Muqaddimah feemaa yajibu' al-Qur'an qaari alaa 'an-ya'lamah) sebagai 'Imam al-Jazari'.
Imam jazary menjelaskan dirinya dalam nadhom terkenal (puisi) yaitu dalam 'Ilmu at-Tajwiid, dan al-Muqaddimah al-Jazariyyah (al-Muqaddimah feemaa yajibu' al-Qur'an qaari alaa 'an-ya'lamah) sebagai 'Imam al-Jazari'.
'Jazari' adalah lokasi di wilayah
Kurdistan / Turkmenistan / Irak. Dia milik suatu tempat yang bernama Ibnu -
'Umar dan' ulama mengatakan bahwa ia telah Kurdiy dpl (asal Kurdi).
Ia menjabat sebagai qaadhi (hakim) di Damaskus pada 793 H. dan kemudian di Shirazdi di Iran
Ayah Imam Al-Jazari adalah seorang
taajir (pengusaha).
dan Beliau berasal dari keluarga kaya. Beliau digambarkan sangat ringan dalam kulitnya dan sangat fasih dalam bahasanya.
dan Beliau berasal dari keluarga kaya. Beliau digambarkan sangat ringan dalam kulitnya dan sangat fasih dalam bahasanya.
Ø PEKERJAAN
Al-Jazari dikompilasi lebih dari 90 bekerja pada qira'at, hadits,sejarah dan murid-murid lainnya. Yang paling terkenal dari karya-karyanya adalah:
Al-Jazari dikompilasi lebih dari 90 bekerja pada qira'at, hadits,sejarah dan murid-murid lainnya. Yang paling terkenal dari karya-karyanya adalah:
- Taḥbīr
al-taysīr fī qirāʼāt al-ʻashr (تحبير التيسير في قراءات العشر)
- Taqrīb
al-Nashr fī al-qirāʼāt al-ʻashr (تقريب النشر في القراءات العشر)
- Al-Tamhīd
fī ʻilm al-tajwīd (التمهيد في علم التجويد)
- Ṭayyibat
al-nashr fī al-qirāʼāt al-ʻashr (طيبة النشر في القراءات العشر)
- Munjid
al-Muqriʼīn wa-murshid al-ṭālibīn (منجد المقرئين ومرشد الطالبين)
Ø Guru-guru Beliau
Di antara ulama-ulama Damasykus yang menjadi tempat beliau bertalaqqi ialah:
1. Abu Muhammad
Abdul Wahhab bin as-Salar,
2. Syeikh Ahmad
bin Ibrahim at-Thohhan,
3. Syeikh Abu
al-Ma`ali Muhammad bin Ahmad al-Labani
4. al-Qodhi Abu Yusuf Ahmad bin al-Husain
al-Kifri al-Hanafi
5. Ahamad bin
Rojab
Guru-guru beliau dari Mesir ialah:
1.
Abu Bakr Abdullah bin al-Jundi,
2.
Abu Abdillah Muhammad bin as-Sho`igh,
3.
Abu Muhammad Abdul Rahman bin al-Baghdadi
4.
Syeikh Abdul Wahhab al-Qorwi
5.
Dhiyaudin sa’adullah al-Qazwaini
6.
Sholahuddin muhammad bin ibrohim bin abdullahb
al-maqdasii al-Hambali
7. penafsir penafsiran diperbarui Hafiz Abu
Fida Ismail Ibnu Kathirdiketahui, yang pertama
dari 774 tahun yang sah Balavta danmengajar dia.
Albelkana tahun 785 h
Albelkana tahun 785 h
- المفسر المحدث الحافظ المؤرخ أبي الفداء إسماعيل بن كثير صاحب
التفسير المعروف، وهو أول من أجاز له بالإفتاء والتدريس سنة 774هـ.
- البلقيني سنة
785هـ.
Guru beliau dari Madinah :
1. Abi abdillah muhammad bin sholih al-khothobi,
- أبي عبد الله محمد بن صالح الخطيب، الإمام بالمدينة
المشرفة.
Ketika beliau bermusafir ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji dan menuju
ke Madinah untuk menziarahi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau
telah bertalaqqi al-Quran dengan Imam Masjid al-Nabawi ketika itu yaitu
Muhammad bin Soleh. Beliau juga telah bertalaqqi al-Quran hampir pada semua
imam-imam qiraat dari Syam, Mesir, Hijaz baik secara ifrad dan jama` dengan
berpandukan kitab-kitab qiraat yang muktabar seperti as-Syatibiah, at-Taisir, al-Kafi,
al-`Unwan, al-I`lan, al-Mustanir, at-Tazkirah, at-Tajrid dan lain-lain kitab
qiraat yang masyhur pada ketika itu yang menjadi rujukan utama umat Islam dalam
bidang ini.
Beliau juga mengadakan majlis pengkajian qiraat selama beberapa tahun di Jami` Umawi, Dimasyqus dengan sambutan yang cukup hebat dari murid-murid beliau pada masa itu. Ada dikalangan mereka yang bertalaqqi pada beliau berdasarkan satu buah kitab qiraat saja. Ada juga yang lebih dari satu kitab. Ada yang bertalaqqi pada beliau Qiraat Tujuh, Qiraat Sepuluh bahkan lebih daripada itu. Diantara anak murid beliau yang mengambil Qiraat Sepuluh ialah anak beliau sendiri Abu Bakr Ahmad bin Muhammad, Syeikh Mahmud bin al-Husain as-Syirazi, Syeikh Najibuddin Abdullah bin al-Husain al-Baihaqi, Syeikh Muhammad bin Ahmad bin al-Haim dan sebagian besar murid-murid beliau yang lain.
Beliau juga mengadakan majlis pengkajian qiraat selama beberapa tahun di Jami` Umawi, Dimasyqus dengan sambutan yang cukup hebat dari murid-murid beliau pada masa itu. Ada dikalangan mereka yang bertalaqqi pada beliau berdasarkan satu buah kitab qiraat saja. Ada juga yang lebih dari satu kitab. Ada yang bertalaqqi pada beliau Qiraat Tujuh, Qiraat Sepuluh bahkan lebih daripada itu. Diantara anak murid beliau yang mengambil Qiraat Sepuluh ialah anak beliau sendiri Abu Bakr Ahmad bin Muhammad, Syeikh Mahmud bin al-Husain as-Syirazi, Syeikh Najibuddin Abdullah bin al-Husain al-Baihaqi, Syeikh Muhammad bin Ahmad bin al-Haim dan sebagian besar murid-murid beliau yang lain.
Ø Kegigihan Beliau
Kesungguhan
beliau untuk mendalami ilmu qiraat ini cukup dengan
ketabahan beliau merantau keseluruh wilayah Islam
untuk belajar ilmu Qiraat dan mengajarkannya. Beliau telah bermusafir ke Mesir,
Madinah, Basrah, Samarqand, Khurasan, Isfahan dan Syiraz. Ketika beliau singgah
di `Anizah, Najd beliau telah mengarang kitab ad-Durrah al-Mudhiah,
kitab Qiraat Tiga untuk menyempurnakan Qiraat Tujuh oleh Imam Asy-Syatibi sehingga dikenali sebagai Qiraat Sepuluh Syughra.
Ketika beliau berada di Madinah, beliau mengarang Tahbir at-Taisir,
beliau mengarang satu kitab lagi yang cukup bermakna dalam dunia ilmu al-Quran
dan al-Qiraat yaitu An-Nasyr
Fi al-Qiraat al-`Asyr. Kitab ini merupakan
kitab yang paling sempurna di antara sekian banyak kitab-kitab beliau dalam
membahaskan ilmu tajwid dan qiraat. Kitab inilah yang menjadi manhaj tertinggi
pengajian ilmu qiraat sejak zaman dahulu hingga sekarang. Setelah itu, beliau
telah mengarang sebuah kitab untuk mentalkhis kitab an-Nasyr ke dalam bentuk
matan dengan nama Toyyibah an-Nasyr Fi al-Qiraat al-`Asyr. Kitab inilah
yang telah al-Azhar tetapkan dalam manhaj pengajian qiraat di marhalah
Takhassus Qiraat di maahad-maahad
qiraat di seluruh Mesir. Di samping itu, semasa beliau berada di Madinah beliau
telah mengarang beberapa kitab lain yang sama dengan qiraat.
Ø Kealiman Beliau
Dalam Bidang-bidang Lain
Sebenarnya Imam Jazary tidaklah alim dalam bidang qiraat saja, bahkan beliau
sangat alim dalam beberapa disiplin ilmu yang lain seperti tafsir, hadits,
fiqh, usul fiqh, tauhid, tasawuf, nahwu, shorof, balaghoh dan lain-lain. Akan
tetapi, di antara ilmu-ilmu yang dinyatakan tadi ternyata beliau lebih alim
dalam bidang ilmu hadits.
Beliau telah mempelajari ‘ulum hadits ini dari guru-guru
beliau seperti :
·
Asy-Syeikh Sholahuddin bin Ibrahim bin Abdullah
al-Muqaddisi al-Hanbali,
·
al-Imam al-Mufassir al-Muhaddits al-Hafidz Abu Fida`
Ismail bin Katsir,
·
al-Imam Ibnu `Asakir,
·
Zainuddin bin Abdul Rahim al-Isnawi
·
Dan beberapa guru beliau yang muktabar
Beliau mendalami ilmu ini
baik dirayah maupun riwayah sehingga beliau diberi gelar al-Huffadz ath-Thiqat al-Athbat.
Beliau berguru pada Imam Isnawi dan Imam Ibnu Katsir sehingga beliau diberi
izin oleh gurunya untuk memberi fatwa dan pengkajian pada tahun 774 Hijriah
sedangkan pada ketika itu beliau baru berumur 24 tahun dan Imam Ibnu Katsir merupakan guru pertama
yang memberi ijazah perizinan untuk memberi fatwa kepada beliau.
Beliau juga diikhtiraf untuk memberi fatwa oleh as-Syeikh
Dhiauddin pada tahun 778 Hijriah. Manakala pada tahun 785 Hijriah, Syaikhul
Islam al-Balqini juga melakukan perkara yang sama.
Beliau telah dilantik sebagai Masyaikhah Ash-Sholihiyyah di Baitul Maqdis
selama beberapa waktu. Beliau juga pernah dilantik
sebagai qaadhi di Syam dan Syiraz. Ketika beliau di
Syiraz, beliau telah membangun sebuah
madrasah untuk mengajar ilmu qiraat yang diberi nama "Darul Quran".
Ø Wafat Beliau
Pada waktu dhuha di hari Jumaat
bertepatan 5 Rabi`ul Awwal tahun 833 Hijriah di Shiiraz, Iran. Beliau telah
pulang menghadap Robbnya. Beliau telah disemadikan di Darul Quran yang
diasaskan olehnya. Jenazah beliau telah
diiringi oleh seluruh umatnya tanpa melihat derajat dan pangkat. Ini memberi
bukti bahwa beliau benar-benar dikasihi oleh seluruh umatnya.
Ø Renungan Bersama
Sesungguhnya al-Imam merupakan seorang yang alim, soleh,
wara`, zuhud dan pemurah. Seluruh masa dan waktu beliau penuh dengan amal
kebajikan dan taqarrub. Sentiasa membaca al-Quran dan mendengarnya daripada
orang lain, tekun menuntut ilmu sehinga mampu mengarang. Beliau tidak pernah
meninggalkan qiamullail baik ketika beliau kelapangan atau dalam permusafiran.
Senantiasa berpuasa pada hari Isnin dan Khamis serta tiga hari dalam setiap
bulan. Banyak karangannya yang bermanfaat menunjukkan tingginya kegigihan
beliau dan hebatnya ilmu beliau tanpa mengira disiplin ilmu apatah lagi dalam
bidang ilmu al-Quran dan al-Qiraat yang diberi kelebihan oleh Allah S.W.T
kepada beliau.
0 komentar:
Posting Komentar