Senin, 16 Juli 2012

Bagaimana Cara Tau Aib Kita,,,,,,



Siapa yang ingin mengetahui aib dirinya sendiri , maka ada 4 jalan yang bias ditempuh :


1.       Menghadap seorang Syaikh yang bisa mengetahui aib jiwa, sehingga di bisa mengenali aibny & sekaligus mengobatinya. Yang seperti ini sering kali terjadi, dan cukup banyak dokter yang menangani.
2.       Mencari teman karib yang jujur, dapat dipercaya & bagus agamanya. Dan bisa menjadikannya  teman karib sebagai pendampingnya, agar memberinya peringatan dari akhlak / perbuatan yang kurang baik.
Orang-orang salaf sangat suka jika seseorang menunjukkan aib mereka. Sementara kita pada zaman sekarang justru marah besar jika ada seseorang yang menunjukkan aib kita. Hal ini menunjukkan LEMAHNYA IMAN. Sebab akhlak yang buruk itu seperti Kalajengking. Jika ada seseorang yang memperingatkan bahwa di dalam baju  salah seorang diantara kita ada kalajengking , maka secepat itu pula kita akan membunuh kalajengking tersebut. Sementara akhlak yang hina lebih berbahaya dari kalajengking, bagi orang yang tidak menyadarinya.
3.       Mengambil manfaat tentang aib dirinya dari penuturan musuhnya. Sebab mata yang penuh kebencian itu memancarkan keburukan.
Manfaat yang bisa di ambil seseorang dari musuh , bisa mengingatkan aib dirinya. Hal ini lebih bermanfaat dari pada teman karib mencari muka dan menutupi aibnya.
Bergaul dengan manusia. Selagi dia melihat sesuatu yang tercela pada diri mereka, maka dia segera menjauhinya………
       Di kutip dari : BUKU MINHAJUL QASHIDIN karya ibnu qudamah 



0 komentar: